Monday, January 10, 2011

PMS XXXII - Senin, 31 Agustus 2009 pukul 9:45



S W I N G I N G

B A C H


Memperingati 250 tahun matinya Bach

di sebuah pasar di Leipzig

dekat gereja St.Thomas tempat Bach berkarya

(rekaman video 2000)

Akan kita dengarkan dan lihat:

GERMAN BRASS * GEWANHAUSE ORCHESTER

Trio jazz JACKUES LOUSSIER * BOBBY McFERRIN

KING’S SINGERS * TURTLE ISLAND STRING QUARTET

Flut: JIRI STIVIN



Aneh ! Musik Bach digoyang ngebor gaya swing.


Yang serius pasti tidak setuju karena dianggap merusak,

atau sudah mengalami sendiri bahwa meng-aktual-kan Bach memang menyenangkan tapi hanya sebentar sudah itu cepat merasa ketinggalan jaman, sementara musik Bach sendiri tetap abadi.

Prof.Dr.Yoshitake Koboyashie, seorang musikolog, bahkan berpendapat bahwa musik Bach begitu kuat dan tidak ada yang bisa menghancurkannya, ini luar biasa.


TOCCATA dan FUGA d minor yang sebenarnya untuk orgel pipa, akan di sajikan oleh German Brass dengan 4 trompet, 2 horn, 2 trombon, 1 tuba dan 1 euphonium.

Kemudian karya yang sama disulap menjadi gado-gado oleh King’s Singers untuk menceriterakan Bach yang sedang mendapat kesulitan menghadapi batas-waktu menyelesaikan karyanya. Bahasa Indonesianya:


J.S.Bach punya masalah// J.S.Bach terdesak waktu. J.S.Bach bingung tidak tahu mesti bagaimana// “Saya hampir selesai membuat karya luar biasa: TOCCATA dalam d minor// Mendadak sekarang merasa bodoh,tidak tahu apa yg harus dikerjakan selanjutnya”// Istrinya yang telah dibuatnya melahirkan 33 anak: “Johann, kekasihku,sekarang tidurlah.Nanti akan ada saja yang timbul”// “Eh, jangan omong seenaknya begitu! Ini betul-betul saat gawat, saya dibatasi waktu. Jadi gimana ini? Apa yang cocok sesudah Toccata yang begitu dahsyat ? Mungkin sesuatu yang lebih cepat. Tapi saya sudah tidak punya gagasan lagi, batas waktunya tinggal satu minggu!! Saya bingung,macet seperti lem perekat”//

Sudahlah, Johann, jangan ngotot. Nada hanyalah sekadar nada, seperti yang sering kau katakan. ‘Kan cuma ada 12, pakailah akalmu. Berapa kemungkinan yang bisa dibuat dengan 12 nada itu”// “Persoalan itu, saya tidak peduli. Saya tidak mau tahu berapa permutasi dari c,d,e,f,dan g. Itu urusan Arnold Schönberg, musik 12 nada. Bukan, bukan, itu bukan solusinya! Apa yang harus kulakukan sekarang ? Saya betul-betul bingung. Ah! Tidak! Toccata sudah selesai tapi belum ada Fuga-nya……….(terdengar bunyi hp…).Haaaaa! Sekarang saya tahu…////


Bobby McFerrin penyanyi dan trio jazz Jacques Loussier menganggap Bach sebagai sumber inspirasi yang selalu memukau.

No comments:

Post a Comment