Monday, January 10, 2011

PMS XLIII - Senin, 15 Nopember 2010 pukul 9:45


Dari anak-anak jalanan

Ke

O R K E S – S I M F O N I


Dokumen video dengan pengantar Slamet A.Sjukur


Pengalaman pendidikan-musik di Republik Venezuela (Amerika Latin), negara kaya (dengan tambang mas, berlian, minyak dll) tapi kacau dan sangat miskin. Hidup sehari-hari tidak aman karena senantiasa diincar berbagai gerombolan preman. Pengangguran di mana-mana dan anak-anak gelandangan harus berusaha sendiri hidup sebisa-bisanya.

Dalam keadaan mengerikan seperti itu, José Antonio Abreu sejak 30 tahunan yang lalu telah menyelamatkan ratusan ribu anak-anak jalanan.

Mereka diajari musik dengan cara yang khusus disesuaikan dengan keadaan mereka. Perlahan-lahan terbentuk sekolah musik buat anak-anak miskin. Mereka lebih kerasan di sekolah musik dari kembali ke jalanan atau pulang di rumah yang pengap.

Abreu seorang visioner, dia begitu yakin bahwa ORKES-SIMFONI itu contoh dari KEBERSAMAAN KOMUNITAS dan pasti bisa diterapkan untuk membangkitkan semangat hidup saling membantu yang damai.

Hasilnya ? EL SISTEMA sebuah orkes simfoni anak-anak remaja yang sangat terkenal dan sering diundang dari berbagai penjuru dunia, kecuali Indonesia (tentu saja).

No comments:

Post a Comment