Monday, January 10, 2011

PMS XLII - Senin, 9 Agustus 2010 pukul 9:45






Vladimir HOROWITZ



Audio:

Chopin – BALLADE no.1 Op.23, G minor

Schumann: TRĂUMEREI (dari Kindrszenen op.15)

Horowitz BEBERAPA VARIASI atas “Carmen”- Bizet


Video:

Mozart KONSERTO PIANO DAN ORKES no.23 KV.448, A mayor.

Bersama Orkes La Scala, di Milan (Itali) pimpinan:

Carlo Maria Giulini



Kita semua tahu Träumerei-Schumann, dan banyak yang bisa memainkannya, karena lagunya “e n a k’ dan cukup gampang.

Maka kita akan mendengarkan permainan pianis Horowitz, bagaimana yang “g a m p a n g” itu berubah menjadi lebih menarik lagi. Karena Horowitz tidak hanya sekadar memainkan not-notnya yang di partitur saja, yang sulit justru bagaimana memahami yang tersembunyi di balik not-not itu, sekalipun temponya lambat.

Banyak yang mengira tempo lambat itu mudah dimainkan, karena itu sering kita “s i l a u” oleh anak-anak kecil yang sudah bisa main cepat tanpa salah. Selalu ada yang perlu ditanyakan: ‘musiknya mana?’

Ballade-Chopin, juga menarik kalau kita punya kesempatan untuk bisa membandingkan bagaimana para pianis menafsirkannya dengan berbagai cara. Chopin sendiri pernah mengatakan bahwa dia tidak akan memainkan suatu karya dengan cara yang selalu sama.

Ada perbedaan antara permainan yang hidup dan hasil rekamannya.

Ini sama saja dengan masalah seseorang dan fotonya.

Horowitz (1903-1989=86 th) sebenarnya ingin jadi komponis, Variasi-variasi yang dibuatnya atas salah satu tema opera CARMEN-Bizet, membuktikan kemampuan yang dicita-citakannya.

Sebaliknya, dalam memainkan Konserto-Piano Mozart, dia tidak membuat ‘kadensa’ sendiri, melainkan memainkan kadensa yang dibuat oleh Busoni. Pada zaman Haydn dan Mozart, pemain itu tidak hanya bisa main tapi juga ditantang untuk membuat kadensa sendiri. Kemudian Beethoven menetapkan: pemain hanya main saja jangan coba-coba bikin sesuatu yang diluar kemampuannya !

Video yang kita lihat nanti, memperlihatkan Horowitz dan orkes sedang dalam proses membuat rekaman. Perhatikan Horowitz main dengan bantuan partitur. Apa artinya ini ?

Slamet A.Sjukur

No comments:

Post a Comment